Desain antar muka untuk ios (Designing User Interface for Ios)

Posted on Updated on

Salah satu presentasi yang menarik dari WWDC 2012 mengenai UI,UX, dan desain. Disini saya akan mencoba merangkum beberapa point menarik. 

 

Judul presentasinya adalah Designing User Interface for iphone and ipad Apps. oleh Mark Kawano ( User Experiance Evanglist) tag line adalah sebagai berikut.

” Understanding what makes the iphone and ipad so special is essential to designing a great user experiance. Learn best practice for optimizing your app’s user interface for the unique characteristics of iOS devices”.

Tell a Great Story, mengembangkan aplikasi adalah bagaimana kita menceritakan sebuah cerita dengan penuh perasaan, emosional, dan intuitif. Sekali lagi ketika anda mengembangkan aplikasi, anda harus berpikir bagaimana menyampaikan sebuah gagasan atau tell a great story. Pertama yang harus anda pikirkan adalah :

  1. Anda harus memikirkan plot atau alur ceritanya, What Will Your App Do?
  2. Siapa yang akan mendengarkkan cerita anda. Penting sekali memikirkan target pengguna anda, Who Are the Users?
  3. Dan yang terakhir adalah dimana mereka menggunakannya apakah Iphone, Ipad, Ipod, Potrait, Lanscape, dsb. Where Will They Use It?

Begitu banyak fitur dan teknologi menarik, tetapi ingatlah tetap fokus pada cerita anda dan memberikan pengalaman menarik bagi penggunanya. Berikutnya adalah mendefinisikan style aplikasi anda, Define Your App’s Style. Jadi pertanyaan selanjutnya adalah :

 

  1. What Type of App Are You Building?
  2. What Kind of Content Does it Have?

Apa jenis aplikasi yang akan anda bangun, What Type of App Are You Building? Secara sederhananya aplikasi dibagi menjadi 2 apakah Entertainment atau Utility. Beberapa karakteristik untuk memudahkan anda. Entertaiment : Highly Visual (Game), Fun Immersive (umumnya FullScreen)Utility :  Useful (Tutorial, News, Info, etc) , Efficient,  Reliable. Terkadang bisa berupa kombinasi antar keduanya seperti Garage band ( Entertainment and Utility ).

 

Jenis konten yang anda miliki, What Kind of Content Does it Have? jika berupa foto/video tentunya anda harus memberikan fitur fullscreen, tampak landscape&potrait. Mengijinkan user untuk pitch pada foto/video apakah itu untuk zoomIn atau zoomOut. Menyembunyikan controler, playback atau menu agar pengguna dapat melihat foto/video secara fullScreen.

Selanjutnya adalah membahas Data size atau menampilkan detil info, coba untuk Focus on Legibility dan perpedoman pada simple&quickly. Misal pada aplikasi email menampilkan semua email masuk secara horisontal dan menampilkan detil ketika di touch. Perhatikan Typefaces misalnya ukuran font besar/bold untuk judul, kemudian kecil untuk cuplikan info, dsb.

Make Navigation Easy pada ipad anda bisa melakunan teknik splitcreen/membagi beberapa konten dan menampilkan sekaligus. Tetapi perlu diperhatikan anda tidak dapat melakukan di iphone yang memiliki layar kecil.

Make Graphicall Rich gunakan simbol-simbol yang ikonik yang dapat menampilkan banyak informasi dalam satu gambar. Misalnya aplikasi petunjuk arah berikan gambar kompas yang berputar mencari arah, petunjuk suhu gunakan gambar termometer, dsb. Berikan tampilan gambar yang impresif, be Consistent perhatikan jenis font yang dipakai sesuaikan dengan style game dan gambar.

Saya rasa anda sudah sering menggunakan applikasi Ios atau mobile app lainnya. Saya yakin anda dapat memilih mana aplikasi yang menarik, membantu, mengagumkan atau bahkan aplikasi yang buruk, rumit, dan sulit dipahami inti ceritanya. Kembali ke fokus utama mengembangkan aplikasi adalah bagaimanan menyampaikan cerita kepada pengguna, asalkan pengguna suka. paham, dan sesuai target itu sudah cukup. Untuk Customize app akan sangat membantu jika anda membaca mengenai HIG atau Human Interface Guide.

iOS Human Interface Guidelines (HIG)
iOS Human Interface Guidelines (HIG)

Berikutnya membahas mengenai Design for Touch yang perlu anda perhatikan adalah area sentuhannya apakah sesuai dengan jangkauan dan ukuran sentuh/jari penggunanya. Make Controls Fingertip Sized “Comfortable minimum size – 44×44 points”. 44 point baik untuk iphone atau ipadLihat dan pelajari bangaimana developer profesional mengembangkan aplikasi mereka seperti Flipboard, GarageBand, Facebook, dsb.

Sekian, semoga artikel ini bermanfaat.