Mengenal Bahasa Pemrograman JAVA

Posted on

ashari juang: Java sun oracle
Java sun oracle

Sebelum mengenal JAVA yang nantinya akan kita temui banyak istilah atau pun kependekan dari berbagai fiturnya, ada baiknya kita mengenal sejarah Java itu sendiri. Jangan sampai salah mengartikan bahasa Java dengan javascript, mereka adalah sesuatu yang berbeda.

Sejarah singkat java

Bahasa pemrograman Java yang pada awalnya disebut “Oak” dipelopori oleh James Gosling, Patrick Naughton, Chris Warth, Ed Frank, dan Mike Sheridan dari Sun Microsystems, Inc pada tahun 1991. Rilis resmi level beta dilakukan pada November 1995. Dua bulan berikutnya Netscape menjadi perusahaan pertama yang memperoleh lisensi bahasa Java dari Sun.

Java Modern

Didalam lingkungan akademisi khususnya di tempat saya kuliah (UDINUS), Java digunakan untuk mengajar mata kuliah pemrograman berorientasi object atau OOP. Saat ini, Java digunakan bermacam jenis aplikasi seperti aplikasi embedded, aplikasi keuangan, desktop, simulasi pesawat, pemrosesan citra, game, aplikasi perusahaan terdistribusi yang disebut J2EE dan masih banyak lagi.

Aplikasi-aplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke dalam p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Java Virtual Machine (JVM). Java Virtual Machine merupakan aplikasi sederhana yang ditulis dalam bahasa C untuk menjalankan program yang ditulis dalam bahasa Java. Pada saat kompilasi, program tersebut diubah menjadi KODE BYTE. Code byte yang dihasilkan dalam proses kompilasi bahasa Java akan selalu sama untuk setiap sistem operasi atau jenis mesinnya, tetapi JVM akan mengubah kode byte tersebut menjadi bahasa mesin tujuannya.

 Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda, java dikenal pula dengan slogannya, “Tulis sekali, jalankan di mana pun“.

Paket-paket Java

Meskipun java dapat digunakan untuk beragam keperluan, tetapi dalam java masih akan dibagi menjadi 3 edisi dengan beragam kelebihan nya. Seperti :

  1. Standart Edition (J2SE)Edisi ini mendukung konektivitas basis data, rancangan antarmuka pemakai, masukan/keluaran, dan pemrograman jaringan dan termasuk sebagai paket-paket dasar Java.
  2. Enterprise Edition (J2EE), Edisi ini menyediakan tempat untuk membangun dan menjalankan multitier enterprise editions. J2EE, berisi paket-paket di J2SE ditambah paket-paket untuk mendukung pengembangan Enterprise JavaBeans, Java Servlets, Java Server Page, XML, dan kendali transaksi yang fleksibel.
  3. Micro Edition (J2ME), Edisi ini digunakan untuk beragam consumer electronic product, seperti pager, smart card, cell phone, PDA, dan set-top box. J2ME menyediakan bahasa Java yang sama, unggul dalam portabilitas, kemampuan dijalankan di mana pun dan safe network delivery seperti J2SE dan J2EE. J2ME menggunakan sekumpulan paket lebih kecil. J2ME berisi subset paket J2EE ditambah paket spesifik Micro Edition javac.microedition.io. Aplikasi J2ME dapat diskala agar juga dapat bekerja dengan J2SE dan J2EE.

Berorientasi Object

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, di kampus tempat saya kuliah java digunakan untuk mengajarkan mata kuliah OOP (Object Oriented Programing). Java sendiri lahir dari pemikiran mendalam akan bahasa pemrograman yang ada pada saat itu, seperti C dan C++. Hal ini akan memudahkan programmer mengerti lebih jelas tentang Java. Bahasa pemrograman Java didesain sejak awal untuk menjadi bahasa yang berorientasi objek.

Konsep Objek Oriented memungkinkan java digunakan untuk membuatan perangkat lunak yang baik dan efisien.

IDE untuk java

IDE Integrated Development Environment atau Interactive Development Environment adalah program komputer yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak. Tujuan dari IDE adalah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan dalam membangun perangkat lunak. Sebuah IDE setidaknya memiliki fasilitas Compiler, Debuger, Editor, dan Linker.

Netbeans Logo

Untuk IDE saya menyarankan menggunakan Netbeans, meskipun kita bisa menggunakan IDE lain seperti eclipse atau bahkan anda hanya membutuhkan sebuah notepad untuk sekedar menulis skript. Netbeans dapat anda download di netbeans.org/.

Salah satu alasan menggunakan Netbeans adalah lebih ke kelengkapan Documentasi, training dan support. Semua itu dapat anda akses di halaman http://netbeans.org/kb/index.html

Sebelum memulai menginstal IDE, pastinya akan membutuhkan paket java (JDK,Server JRE, JRE) terbaru dan bisa kalian cari di halaman Oracle.com

Pilih paket yang kamu butuhkan ?

  1. JDK (Java Development Kit). Untuk Developers, termasuk didalamnya lengkap paket JRE ditambah tool untuk pengembangan, debugging, dan monitoring java aplication.
  2. Server JRE (Server Java Runtime Environment) untuk pengembangan aplikasi java didalam server. termasuk didalamnya JVM monitoring dan tool yang dibutuhkan untuk server aplications, tetapi tidak disertakan browser integration (java-plugin), auto-update, yang harus diinstal terpisah.
  3. JRE (JAva Runtime Environment). Yang paling dibutuhkan. Berisi semua kebutuhan untuk menjalankan java application di dalam sebuah sistem.

Sekian semoga pengantar ini bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s