SOA dan Web Service menuju EAI-Enterprise Application Integration

Posted on

SOA
SOA

Sebagian perusahaan melakukan investasi luas pada sumber daya sistem selama bertahun-tahun. Perusahaan tersebut memiliki banyak data yang disimpan dalam data EIS (Enterprises Informations System), jadi tidak mudah untuk membuang sistem yang telah ada. Akan lebih hemat jika mengembaknan dan meningkatkan EIS. Tetapi bagaimana hal ini dapat dilakukan, SOA (Service Oriented Architecture) menyediakan solusi dengan biaya yang efektif.

SOA bukanlah konsep baru. Sun mendefinisikan SOA pada akhir 1990-an untuk mengambarkan Jini, yang merupakan lingkungan dinamis untuk penemuan dan penggunaan layanan melalui jaringan. Web service telah mengambil konsep layanan yang diperkenalkan oleh teknologi jini dan diimplementasikan sebagai layanan yang disampaikan melalui web menggunakan XML, WSDL, SOAP, UDDI. SOA muncul sebagai integrasi utama dan kerangka arsitektur dalam lingkungan komputasi yang kompleks dan heterogen. SOA dapat membantu organisasi merampingkan proses sehingga mereka dapat melakukan bisnis lebih efisien, dan beradaotasi dengan perubahan kebutuhan dan persaingan, memungkinkan perangkat lunak sebagai konsep service/layanan. Sebagai contoh eBay telah membuka layanan web API untuk lelang online. Tujuannya adalah untuk mendorong pengembang “to make money” menggunakan platform eBay.

SOA dan web service adalah dua hal yang berbeda, tetapi web service adalah jalan untuk mewujudkan SOA. Artikel ini akan membahas tentang SOA dan peran web service dalam mewujudkannya.

Service Oriented Architecture

SOA adalah gaya arsitektural untuk membangun perangkat lunak menggunakan layanan yang tersedia dalam jaringan seperti dalam web. Hal ini membuat komponen perangkat lunak dapat digunakan kembali. Aplikasi dalam SOA dibangun berdasarkan service. Layanan A  merupakan implementasi dari fungsi bisnis yang tedefinisi dengan baik, dan layanan tersebut kemudian dapat dikonsumsi oleh klien dalam aplikasi yang berbeda atau proses bisnis lain.

SOA memungkinkan untuk penggunaan kembali aset yang ada, dimana service baru diciptakan dari infrastruktur TI yang ada dari sistem. Dengan kata lain, memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan incestasi yang ada dengan mengijinkan mereka untuk menggunakan kembali aplikasi yang ada, dan menjanjikan interoperabilitas antara aplikasi dan teknologi yang beragam. SOA menyediakan tingkat fleksibilitas yang tidak mungkin dilakukan sebelumnya dalam arti bahwa :

  • Layanan merupakan komponen perangkat lunak dengan interface yang terdefinisi dengan baik. Sebuah aspek penting dari SOA adalah pemisahan service interface (the what) dari implementasinya (the how). Layanan tersebut dikonsumsi oleh klien yang tidak perduli dengan bagaimanan service ini akan mengeksekusi permintaan mereka.
  • Layanan mandiri (melakukan tugas-tugas yang telah ditentukan) dan bebas digunakan (for independence),
  • Service tersebut dapat ditemukan secara dinamis,
  • Service composite, dapat dibagun dari kumpulan service lain.

Web Service adalah sistem software yang dirancang untuk mendukung interaksi machine to machine melalui jaringan. Interoperabilitas ini diperoleh melalui serangkaian standar berbasis XML, seperti WSDL, SOAP, dan UDDI. Standar-standar ini memberikan pendekatan umum untuk mendefinisikan, penerbitan, dan menggunakan web service.

Java Business Integration

Perusahaan telah berinvestasi dalam sekala besar untuk paket perangkat lunak seperti ERP (Enterprise Resource Planing), SCM (Supplay Chain Management, CRM (Customer Relationship Management), dan sistem lain untuk menjalankan bisnis mereka. Manager IT diminta untuk memberikan generasi selanjutnya dari perangkat lunak yyang akan menyediakan funsi baru, sementara meningkatkan investasi IT yang sudah ada. Solusi untuk ini adalah dengan integrasi teknologi, solusi integrasi teknologi yang tersedia. Munculnya web service dan SOA menawarkan potensi untuk penekanan biaya dan fleksibilitas dengan skala lebih besar.

Referensi

Qusay H Mahmoud, “SOA and Web Services : the road to enterprise application integration (EAI)”,  http://www.oracle.com/technetwork/articles/javase/soa-142870.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s